MATA
KULIAH MARKETING PUBLIC RELATION
PROJECT
UAS “ANALISIS AIR MINERAL AQUA DENGAN KOMPETITOR (LE MINERALE & CLUB) ”
Dosen
: Ratih Kurnia Hidayati
DISUSUN
OLEH:
RAMAYANA
1635160011
PROGRAM
STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS
ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS
17 AGUSTUS 1945 JAKARTA
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Tujuan utama yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam
kegiatan usahanya adalah mencapai laba atau nilai yang optimal dengan
menggunakan sumberdaya secara efektif dan efisien untuk kelangsungan hidup
perusahaan. Mengingat PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk merupakan perusahaan
yang cukup besar, yaitu sebagai perusahaan yang mempelopori usaha air minum
dalam kemasan di Indonesia sejak tahun 1973. Maka dari itu, pengelolaan modal
kerja dalam perusahaan sangat memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga
berkepentingan untuk menjaga profitabilitasnya dengan baik agar kondisi krisis
yang dialami Indonesia tidak berimbas pada perusahaan sehingga perusahaan akan
mampu memperoleh laba di dalam menjalankan usahanya.
B.
Rumusan
masalah
1. Bagaimana
visi, misi, tujuan dan strategi Aqua ?
2. Bagaimana
analisis SWOT, AIDA, 4P, dan PEST Aqua?
3. Bagaimana
C.
Tujuan
penulisan
1. Untuk
mengetahui visi, misi, tujuan dan strategi Aqua
2. Untuk
mengetahui analisis SWOT, AIDA, 4P, dan PEST Aqua
BAB II
PEMBAHASAN
1.
AQUA
PT. AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973
oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di
Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30
tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia.
Pada
tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan
langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah
satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli
dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market
share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera
DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang
dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.
Visi :
AQUA telah menjadi bagian dari
keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air
minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang
tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA
tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume
penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air
mineral.
Misi :
AQUA selalu ingin melakukan program
untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk
Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).
Tujuan :
Tujuan merupakan pernyataan
kualitatif mengenai keadaan atau hasil yang ingin dicapai dimasa yang akan
datang. Dalam hal ini kita semua mengetahui bahwa tujuan utama dari tiap
perusahaan yang menjalanakan usahanya adalah profit. Dan demi mencapai tujuan
tersebut, AQUA dari tahun ke tahun melakukan inovasi produk. Yang dapat dilihat
dalam “Sejarah PT. Danone AQUA”.
Strategi :
Dalam era persaingan yang semakin
ketat, setiap kali sebuah perusahaan harus mengevaluasi kinerjanya, serta
melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat bersaing. Seperti;
Meningkatkan jangkauan pemasaran ke suluh Indonesia dan mancanegara, Mencari
sumber-sumber air di wilayah Indosesia dan International, Melakukan
lisensi pada setiap produk, Menigkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat
terhadap air minum dalam kemasan, Memberikan layanan ke masyarakat
sekitar sumber air, dan Meningkatkan kontrol distribusi produk dan
pasokan dari pihak ke tiga dan pemasok distributor.
ANALISIS SWOT
● Kekuatan
̵ Kualitas sumber mata air selalu
terjaga. Lokasi mata air AQUA senantiasa berada jauh dari pemukiman penduduk.
Faktor ini penting dilakukan demi mencegah rembesan limbah pemukiman di sekitar
sumber mata air.
̵ Kemurnian sumber air AQUA, dijaga
dan dilindungi untuk mencegah rembesan air tanah atau air hujan.
̵ Di dukung oleh tehnologi tinggi dan
berstandar internasional, serta memiliki staf peneliti yang ahli di bidang
mikrobiologi kimia dan fisika.
̵ AQUA dapat kokoh berdiri karena
budaya perusahaan adalah bersikap toleran, tidak memaksakan kehendak pusat,
berbagi kekuasaan dengan eselon bawah dan mempraktikkan desentralisasi.
̵ Kesuksesan AQUA sangat ditunjang
oleh para karyawannya yang mempunyai loyalitas dan dedikasi tinggi serta
berpengetahuan luas dan mendalam, baik di bidang masing-masing maupun secara
umum.
̵ Menjadi pelopor kemasan gelas
plastik (cup) di dunia sehingga kini menjadi standar industri. AQUA pula yang
mempelopori peralihan dari PVC ke PET. Dan AQUA pula yang mempelopori konsep
fully integrated manufacturing yang memungkinkan produksi terpadu air minum dan
botol kemasannya mulai dari tingkat biji plastic.
̵ Melakukan aliansi dengan Group
DANONE yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan
terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Hal ini berdampak pada peningkatan
kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini.
● Kelemahan
̵ Adanya produk palsu di pasaran yang
menggunakan label AQUA. Oleh karna itu AQUA berkomitmen untuk meminimalkan pemalsuan
produknya dengan melakukan pengecekan pasar secara rutin, untuk memastikan
bahwa produk yang beredar adalah benar-benar produk AQUA yang memenuhi standar
kualitas yang sudah ditentukan.
̵ Harga produk AQUA sangat ditentukan
oleh kebijakan harga yang digunakan oleh perusahaan AQUA yaitu kebijakan harga
wholesaler. Antara lain yaitu geographical price quotation dan price adjusted
to buyers position.
̵ Saluran ditribusi terlalu panjang.
Dimana hasil produksi dari AQUA kemudian disalurkan ke distributor-distributor,
kemudian aqua disalurkan ke retailer dan pada akhirnya sampai ke tangan
konsumen.
̵ Perusahaan AQUA dalam penarikan
karyawan masih menggunakan spoil system karena perusahaan pada awal berdiri
merupakan perusahaan keluarga. Meskipun kini sudah menggunakan merit system
dalam memberikan kesempatan kerja di lingkungan AQUA.
● Kesempatan
̵ Dengan meningkatnya pertumbuhan
penduduk, diharapkan permintaan konsumen akan produk yang dihasilkan oleh
perusahaan dapat meningkat. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan produksi
penjualannya.
̵ Perkembangan teknologi yang sangat
cepat mendorong kemajuan dunia bisnis. Perusahaan yang mempunyai keunggulan
dalam hal teknologi tentunya dapat menunjang keadaan produksi yang dihasilkan,
mulai dari efektifitas dan efisiensi proses produksi yang dapat dihasilkan.
̵ Hasil produksi AQUA ditujukan untuk
semua kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga golongan tua. Hal ni dapat
dikatakan karena air dibutuhkan oleh semua manusia.
̵ AQUA memiliki penelitian yang aktif
dan usaha pengembangan yang mencari bahan-bahan pengemasan dan cara-cara yang
baru untuk menarik konsumen.
̵ AQUA menggunakan seluruh media untuk
promosi iklannya. Seperti product knowledge melalui brosur sederhana. Dan pada
even-even olahraga, bus, taxi, dan kendaraan umum lainnya, TV, radio, koran,
dam majalaH.
● Ancaman
̵ Di indonesia, situasi politik setiap
tahunnya cukup dapat dikontrol oleh pemerintah, walaupun keadaan politik yang
ada tidak begitu stabil. Kondisi politik yang terjadi akan mempengaruhi
aktivitas perusahaan.
̵ Saat ini kondisi perekonomian
indonesia masih belum stabil. Hal ini dikarenakan karena laju inflasi yang
cukup tinggi dan berfluktuasi.
̵ AQUA memiliki banyak pesaing. Bahwa
saat ini ada begitu banyak perusahaan sejenis yang memproduksi air minum dalam
kemasan (AMDK) dengan harga dan kualitas yang dihasilkan bervariasi. Dengan
keadaan ini, perusahaan dituntut untuk dapat terus memiliki keunggulan
bersaing, sehingga perusahaan akan tetap hidup dan bersaing secara sehat.
̵
Dalam pengolahan sumber air oleh
AQUA sangat dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.
Hal ini sangat berpengaruh bagi dunia usaha seperti yang dilakukan oleh AQUA.
Air adalah salah satu sumber daya alam yang dalam pengolahannya mendapatkan
ikut campur tangan pemerintah. Oelh karena itu, kapasitas produksi per detik
yang dilakukan oleh kegiatan produksi AMDK harus dalam pengawasan pemerintah.
Perusahaan AMDK tidak boleh mengeksploitasi air sesuka hatinya.
ANALISIS AIDA
● Attention
Aqua
menaruh perhatian produknya melalui berbagai macam media, seperti TV, Baliho, Reklame, dll. Selain itu Aqua juga
sudah terdistribusi bahkan seluruh Indonesia sehingga kita bisa menemukan
produk Aqua dimana-mana, baik itu di pedagang kaki lima, minimarket,
supermarket, dan berbagai tempat lainnya.
● Interest
Dengan terdistribusinya produk Aqua
dimana-mana membuat masyarakat tidak asing dengan produk aqua sehingga menarik
minat masyarakat untuk membeli produk aqua
● Desire
Dengan tidak asingnya produk aqua
bagi masyarakat membuat munculnya keinginan dan hasrat masyarakat untuk membeli
produk aqua
● Action
Produk aqua yang sudah hadir sejak tahun 1973
membuat image brand aqua sudah terbentuk di benak masyarakat sehingga membuat
masyarakat tidak berpikir panjang untuk membeli produk aqua
ANALISIS 4P
1. Product
Aqua
yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan air mineral dalam kemasan yang
dikemas dalam beberapa ukuran. Mulai dari ukuran 240 ml, 330 ml, 380 ml, 600
ml, 1500 ml, dan 19 liter (galon).
2. Price
Harga aqua 240 ml 1 dus isi 48 pcs
Harga per dus = Rp 22.000
Harga per pcs aqua 240 ml = Rp 500
Harga per dus = Rp 22.000
Harga per pcs aqua 240 ml = Rp 500
Harga aqua 330 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 29.500
Harga per pcs = Rp 1.300
Harga per dus = Rp 29.500
Harga per pcs = Rp 1.300
Harga aqua 600 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 40.000
Harga per pcs = Rp 1.900
Harga per dus = Rp 40.000
Harga per pcs = Rp 1.900
Harga aqua 750 ml 1 dus isi 18
Harga per dus = Rp 68.000
Harga per pcs = Rp 3.500
Harga Aqua reflection 380 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 128.500
Harga per pcs = Rp 10.800
Harga aqua galon 19 LITER
Harga isi ulang = Rp 15.000
Harga isi ulang + galon = Rp 55.000
Harga per dus = Rp 68.000
Harga per pcs = Rp 3.500
Harga Aqua reflection 380 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 128.500
Harga per pcs = Rp 10.800
Harga aqua galon 19 LITER
Harga isi ulang = Rp 15.000
Harga isi ulang + galon = Rp 55.000
3.
Place
Distribusi Aqua berorientasi
nasional menggunakan jalur distribusi yang sangat luas, kuat di pasar
tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko) maupun di minimarket dan
supermarket. Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada
penjual, disitu ada Aqua”.
4. Promotion
Target
pasar Aqua adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan
kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis. Aqua melakukan
kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media
cetak, dan media luar ruang. Aqua juga mengadakan sampling road show di
beberapa kota besar pada pusat keramaian dan memasuki sekolah dengan membuat
iklan dan pembuatan logo Aqua pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di
white board SMA ternama di beberapa kota besar.
ANALISIS PEST
●
Politik :
1.
Undang-undang
perlindungan alam : adanya UU perlindungan alam maka akan menjadikan
kendala
bagi Aqua karena air yang di produksi berasal dari alam
2.
Peraturan
ekspor impor : apabila pemerintah membuat peraturan ekspor impor yang terlalu
rumit
maka akan menjadikan kendala Aqua dalam mengekspor produknya
3. Peraturan khusus
daerah pusat
4. Perubahan UU
perpatenan : dengan adanya perubahan UU perpatenan hak maka akan
menyulitkan Aqua untuk tetap menggunakan
merk tersebut.
●
Ekonomi :
1. Tingkat produktivitas
kerja
Apabila
produktivitas kerja menurun maka akan berdampak pada pendistribusian produk
yang akan menurun dan akan mengecewakan konsumen karena permintaan akan produk
tidak terpenuhi secara maksimal
2. Perbedaan pendapat
menurut kawasan dan kelompok konsumen
Apabila
pendapatan pada kelompok ekonomi menengah, dan ekonomi menengah ke atas sudah
pasti akan meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pelanggan. Tetapi
apabila pendapatan kelompok menengah ke bawah yang biasanya bermukim di
pedesaan atau pinggiran kota. Mereka hanya membeli air kemasan jika hendak
bepergian, dan untuk kesehariannya mereka cenderung memilih untuk memasak air
sendiri. Dengan demikian berpengaruh terhadap pendistirbusian produk Aqua
meskipun tidak terlalu besar.
3. Tarif Pajak
Jika
pemerintah menaikkan pajak maka biaya perusahaan juga akan meningkat, sehingga
bisa terjadi harga produk juga akan naik
●
Sosial :
1. Pendapatan per kapita
Semakin
tinggi pendapatan per kapita maka semakin meningkat permintaan pasar, dan akan
meningkatkan produksi
2. Kemacetan lalu lintas
Apabila tingkat kemacetan lalu lintas tinggi maka akan
meningkatkan produksi
3. Gaya Hidup
Apabila
masyarakat memilih gaya hidup sehat maka akan berpengaruh terhadap permintaan
produk dan konsumen akan beralih menjadi pelanggan
4. Lingkungan Dalam Kota
Apabila
lingkungan dengan cuaca yang panas akan berpengaruh terhadap peningkatan
permintaan, tetapi apabila lingkungan dengan cuaca yang dingin maka permintaan
akan menurun.
● Teknologi
:
1. Mesin produksi yang
canggih
2. Internet
Dengan
adanya teknologi seperti internet yang sudah kita rasakan seperti sekarang ini,
akan memberi banyak kemudahan untuk Aqua dalam memberikan informasi kepada
stakeholder. Juga memberi kemudahan untuk menguasai pasar di Indonesia atau
Negara-negara lain.
2.LE
MINERALE
Le
Minerale adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia yang
diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya yang merupakan anak perusahaan
dari Mayora Indah yang bergerak di bidang beverages. Selain
Le Minerale perusahaan ini juga memproduksi Teh Pucuk Harum, Kopiko 78 dan Q
Guava.
Le Minerale hadir
melayani kebutuhan konsumen Indonesia sejak tahun 2015. Pabrik Le Minerale
sendiri telah dibangun di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa pabrik antara
lain lima pabrik yang sudah berdiri yakni di Ciawi, Sukabumi, Pasuruan, Medan,
dan Makassar. Serta dua pabrik baru dibangun di Cianjur dan Palembang pada
akhir 2016.
Tak perlu waktu lama
bagi Le Minerale, merek air minuman dalam kemasan (AMDK) besutan Mayora Group
untuk bisa mengambil posisi runner-up di
pasar air minum. Bahkan, ia berani memasang target untuk mengambil alih posisi
puncak yang sudah dibekap sang market leader selama
puluhan tahun.
Persaingan di industri AMDK kian semarak. Ini
menandakan bahwa industri ini memberikan prospek cerah. Pertumbuhan jumlah
penduduk, meningkatnya masyarakat kelas menengah, serta semakin sulitnya akses
air bersih adalah beberapa faktor yang membuat pasar industri air minum dalam
kemasan (AMDK) mengalami peningkatan.
Pertumbuhan industri ini juga terbilang paling stabil.
Pada tahun 2012, pertumbuhan industri AMDK mencapai 5,03%, tahun 2013 tumbuh
7,98%, dan tahun selanjutnya meningkat 13,79%. Pada tahun 2015, pertumbuhan
terus terjadi meski tidak sebesar tahun lalu, yakni 3,9%. Bahrun Afriansyah,
Marketing Manager PT Tirta Frestindo Jaya, produsen Le Minerale mengatakan saat
ini Le Minerale berhasil menduduki posisi kedua perolehan market share secara value maupun volume untuk kategori AMDK ukuran
600 ml.
Berdasarkan laporan
Nielsen, Le Minerale berhasil meraih pertumbuhan volume sebesar 252,5%
dan valuesebesar 283,4%%. Torehan tersebut menjadikan Le
Minerale didaulat sebagai merek AMDK dengan pertumbuhan tertinggi sepanjang
tahun 2016. Padahal, hingga kuartal pertama 2017, pertumbuhan industri AMDK
hanya sebesar 5%.
“Kami bisa katakan bahwa kamilah yang
merangsang pertumbuhan market AMDK, sehingga pertumbuhannya sempat double digit pada awal-awal kami masuk di
kategori ini,” aku Bahrun. Dia menjelaskan bahwa kunci
keberhasilan mereknya terletak pada dua hal. Pertama, menjadi top of mind di
kategori AMDK. Kedua, meningkatkan availability atau ketersediaan produk di pasar.
Sebagai merek yang
relatif baru, Le Minerale gencar melakukan serangkaian promosi di sejumlah
media, baik televisi maupun online demi
meningkatkan awareness. Kalimat dalam iklan
yang berbunyi “Rasanya ada manis-manisnya!” mungkin
cukup sukses menuai rasa penasaran konsumen untuk mencoba meneguk air minum
tersebut. “Insight itu didapat dari hasil penelitian bahwa
setiap air minum memiliki kandungan zat hara yang memengaruhi rasa. Le Minerale
ternyata memiliki susunan mineral bi-karbonat yang
memberikan rasa manis saat diminum,” jelas Bahrun.
Sesuai
namanya, positioning Le Minerale
terletak pada kandungan mineral alami. Kandungan itu tercantum dalam badan
botol dan diyakini sebagai pembeda antara Le Minerale dengan merek lain.
“Memang ketika blind-test, konsumen sulit untuk
membedakan perbedaaan rasa pada setiap AMDK. Karena kita selalu berpikir air
adalah sama,” ujar Bahrun. Karena itu, selama tiga tahun terakhir, arah
komunikasi Le Minerale fokus pada edukasi konsumen tentang air dengan mineral
alami. “Bahwa tidak semua air kemasan adalah sama. Itu yang ingin kami
terus komunikasikan,” timpal dia.
Dengan positioning tersebut, Le Minerale menyasar segmen
menengah atas yang dinilai memiliki kepedulian terhadap kualitas AMDK yang
mereka minum. Karena itu, strategi pricing Le
Minerale cukup premium di kelasnya, berkisar Rp 3.500 untuk ukuran 600 ml.
Harga eceran ini tidak lebih murah dari harga yang dibanderol Aqua.
Di sisi lain,
ketersediaan produk di pasar juga menjadi fokus Le Minerale. Namun, untuk
urusan ini, Le Minerale tak perlu effort banyak
karena ia beruntung dapat bernaung di bawah payung besar PT Mayora Indah Tbk
yang telah membangun jaringan distribusinya hingga ke pelosok nusantara. Saat
ini, Le Minerale telah memiliki lima pabrik, antara lain di pasuruan, Jawa
Timur; Sukabumi, Jawa Barat; Palembang Sumatera Selatan, dan Makassar Sulawesi
Selatan. Kapasitas seluruh total pabriknya mencapai 5 juta karton per bulan.
Bahrun menambahkan, selain memperkuat brand equity,
pihaknya juga mulai melengkapi varian Le Minerale demi meningkatkan permintaan.
Selain ukuran 600 ml, minuman ini telah hadir dalam kemasan 330 ml dan ukuran
1.500 ml. Nah, untuk ukuran galon dan gelas, Le Minerale masih
belum mau masuk ke ranah tersebut. “Sebab, market size terbesar
AMDK ada di ukuran 600 ml atau menguasai 25%,” kata Bahrun.
ANALISIS
SWOT
●
Kekuatan
̵ Produk ini baru tetapi sudah memasuki pangsa
pasar dan mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia.
̵ Produk ini memiliki
harga yang relative murah, bahkan lebih murah daru beberapa produk yang serupa
̵ Memiliki rasa enak
dan kemasan yang bagus sehingga memikat pelanggan dengan cepat.
● Kelemahan
̵ Banyaknya produk lain
yang ada di bidang yang sama dan telah lebih lama mengeluarkan produknya.
̵ Adanya minuman yang
lebih murah di bandingkan Le minerale.
̵ Kemasan yang hanya
dalam satu ukuran kadang menjadi pertimbangan bagi konsumen apabila konsumen
menginginkan kemasan yang lebih kecil
● Kesempatan
̵ Produk Le minerale
bisa membuat kemasan dalam bentuk cup ataupun ukuran yang lebih kecil.
̵ Le minerale juga bisa
memasarkan produknya dengan membuat stand-stand di supermarket ataupun di pasar
dan tempat lainnya.
̵ Menampilkan iklan
sehingga produk tersebut lebih dikenal masyarakat secara menyeluruh.
● Ancaman
̵ Pesaing yang memiliki
nama yang lebih dulu dan dikenal oleh masyarakat.
̵ Banyaknya pesaing
baru yang nantinya akan meluncurkan produkya lebih bagus dan baik dalam segi
isi maupun bentuknya.
ANALISIS
AIDA
● Attention
Le
minerale menaruh perhatian produknya melalui berbagai macam media, seperti
TV, Baliho, Reklame, dll. Selain itu
Le minerale juga sudah terdistribusi di beberapa kota-kota besar sehingga
sangat mudah ditemukan konsumen baik itu di pedagang kaki lima, minimarket,
supermarket, dan berbagai tempat lainnya.
● Interest
Dengan terdistribusinya produk Le
minerale di beberapa kota-kota besar membuat masyarakat tidak asing dengan
produk Le minerale sehingga menarik minat masyarakat untuk membeli produk Le
minerale
● Desire
Dengan tidak asingnya produk Le
minerale bagi masyarakat membuat munculnya keinginan dan hasrat masyarakat
untuk membeli produk Le minerale
● Action
Produk Le minerale yang hadir dengan membuat
image brand yang baru yaitu air mineral yang ada manis-manisnya membuat
masyarakat penasaran dan tidak berpikir panjang untuk membeli produk Le
minerale
ANALISIS 4P
1. Product
Le minerale yang diproduksi oleh PT. Mayora Tbk,
merupakan air mineral dalam kemasan yang dikemas dalam beberapa ukuran. Mulai
dari ukuran 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml
2.
Price
Harga Le minerale 330 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 33.000
Harga per pcs = Rp 1.375
Harga per dus = Rp 33.000
Harga per pcs = Rp 1.375
Harga Le minerale 600 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 35.000
Harga per pcs = Rp 1.458
Harga per dus = Rp 35.000
Harga per pcs = Rp 1.458
Harga Le minerale 1150 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 45.000
Harga per pcs = Rp 1.875
Harga per dus = Rp 45.000
Harga per pcs = Rp 1.875
3.
Place
Distribusi Le minerale berorientasi
nasional menggunakan jalur distribusi yang sangat luas, kuat di pasar
tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko) maupun di minimarket dan
supermarket.
4. Promotion
Target
pasar Le minerale adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih
ditujukan kepada kalangan menengah ke atas dengan aktivitas yang dinamis. Le
minerale melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi
(TV), radio, media cetak, dan media luar ruang.
ANALISIS PEST
●
Politik :
1.
Undang-undang perlindungan alam : adanya UU
perlindungan alam maka akan menjadikan
kendala
bagi Le minerale karena air yang di produksi berasal dari alam
2.
Peraturan ekspor impor : apabila pemerintah
membuat peraturan ekspor impor yang terlalu
rumit
maka akan menjadikan kendala Le minerale dalam mengekspor produknya
3.
Perubahan
UU perpatenan : dengan adanya perubahan UU perpatenan hak maka akan
menyulitkan Le minerale untuk tetap
menggunakan merk tersebut.
●
Ekonomi :
1. Tingkat produktivitas
kerja
Apabila
produktivitas kerja menurun maka akan berdampak pada pendistribusian produk
yang akan menurun dan akan mengecewakan konsumen karena permintaan akan produk
tidak terpenuhi secara maksimal
2. Perbedaan pendapat
menurut kawasan dan kelompok konsumen
Apabila
pendapatan pada kelompok ekonomi menengah, dan ekonomi menengah ke atas sudah
pasti akan meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pelanggan. Tetapi
apabila pendapatan kelompok menengah ke bawah yang biasanya bermukim di
pedesaan atau pinggiran kota. Mereka hanya membeli air kemasan jika hendak
bepergian, dan untuk kesehariannya mereka cenderung memilih untuk memasak air
sendiri. Dengan demikian berpengaruh terhadap pendistirbusian produk Le
minerale meskipun tidak terlalu besar.
3. Tarif Pajak
Jika
pemerintah menaikkan pajak maka biaya perusahaan juga akan meningkat, sehingga
bisa terjadi harga produk juga akan naik
●
Sosial :
1. Pendapatan per kapita
Semakin
tinggi pendapatan per kapita maka semakin meningkat permintaan pasar, dan akan
meningkatkan produksi
2. Kemacetan lalu lintas
Apabila tingkat kemacetan lalu lintas tinggi maka akan
meningkatkan produksi
3. Gaya Hidup
Apabila
masyarakat memilih gaya hidup sehat maka akan berpengaruh terhadap permintaan
produk dan konsumen akan beralih menjadi pelanggan
4. Lingkungan Dalam Kota
Apabila
lingkungan dengan cuaca yang panas akan berpengaruh terhadap peningkatan
permintaan, tetapi apabila lingkungan dengan cuaca yang dingin maka permintaan
akan menurun.
● Teknologi
:
1. Mesin produksi yang
canggih
2. Internet
Dengan
adanya teknologi seperti internet yang sudah kita rasakan seperti sekarang ini,
akan memberi banyak kemudahan untuk Le minerale dalam memberikan informasi
kepada stakeholder. Juga memberi kemudahan untuk menguasai pasar di Indonesia
atau Negara-negara lain.
3.CLUB
Club adalah merek air minum dalam kemasan atau air mineral
di Indonesia. Merek ini berasal dari Surabaya dan Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Club diproduksi
oleh PT Tirta Sukses Perkasa (dahulu PT Tirta Bahagia) sejak tahun 1986. Pada bulan November 2013, merek Club diakuisisi
oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
PT Tirta Sukses Perkasa merupakan anak perusahaan dari PT Indofood Asahi Sukses
Beverage, yang juga mendistribusikan Pepsi, 7 Up, Mirinda, Tropicana Twister,
Ichi Ocha dan Caféla Latte. Pada awalnya nama perusahaannya adalah PT Tirta Bahagia yang didirikan
pada tahun 1986 dan memproduksi air mineral dengan merek Club, Viand, Ana dan
Chiara. Akibat dari akuisisi oleh Indofood, nama perusahaannya pun berubah. Pada
tahun 2014, nama perusahaannya berganti nama menjadi PT Tirta Sukses Perkasa.
ANALISIS
SWOT
● Kekuatan
̵
Harganya dapat dijangkau oleh pasar
̵ Kemasannya
terdiri dari berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar
̵ Club
dapat dijumpai di toko – toko atau supermarket dengan mudah.
● Kelemahan
̵ Adanya
banyak perusahaan yang bergerak di sektor yang sama yakni air mineral.
̵ Kemasannya
hampir sama dengan merk lain.
● Kesempatan
̵ Adanya
peluang untuk masuk ke pasar internasional karena perkembangan yang terus maju.
̵ Adanya kemempuan unuk bersaing dengan merek
lain karena kualitas yang semakin meningkat.
● Ancaman
̵ Adanya
persainan harga yang riskan antara satu produk air mineral dengan produk
mineral lainnya.
̵ Biaya
iklan yang tidak murah karena perlu iklan yang menarik minat konsumen terhadap
produk.
̵ Sewaktu
– waktu harga bahan baku dapat naik dan meyebabkan naiknya biaya produksi.
ANALISIS
AIDA
● Attention
Club
menaruh perhatian produknya melalui berbagai macam media, seperti TV, Baliho, Reklame, dll. Selain itu Club juga
sudah terdistribusi di beberapa kota-kota besar sehingga sangat mudah ditemukan
konsumen baik itu di pedagang kaki lima, minimarket, supermarket, dan berbagai
tempat lainnya.
● Interest
Dengan terdistribusinya produk Club
di beberapa kota-kota besar membuat masyarakat tidak asing dengan produk Club
sehingga menarik minat masyarakat untuk membeli produk Club
● Desire
Dengan tidak asingnya produk Club
bagi masyarakat membuat munculnya keinginan dan hasrat masyarakat untuk membeli
produk Club
● Action
Produk Le minerale yang memiliki harga yang
sangat terjangkau membuat masyarakat tidak berpikir panjang untuk membeli
produk Club
ANALISIS 4P
1. Product
Club yang diproduksi oleh PT Tirta Sukses Perkasa merupakan air mineral dalam kemasan yang
dikemas dalam beberapa ukuran. Mulai dari ukuran 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml
2.
Price
Harga Club 240 ml 1 dus isi 48 pcs
Harga per dus = Rp 20.000
Harga per pcs aqua 240 ml = Rp 450
Harga per dus = Rp 20.000
Harga per pcs aqua 240 ml = Rp 450
Harga Club 330 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 31.500
Harga per pcs = Rp 1.300
Harga per dus = Rp 31.500
Harga per pcs = Rp 1.300
Harga Club 600 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 70.000
Harga per pcs = Rp 2.900
Harga per dus = Rp 70.000
Harga per pcs = Rp 2.900
Harga Club 1150 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 55.000
Harga per pcs = Rp 4.600
Harga Club galon 19 LITER
Harga isi ulang = Rp 16.000
Harga isi ulang + galon = Rp 35.000
Harga per dus = Rp 55.000
Harga per pcs = Rp 4.600
Harga Club galon 19 LITER
Harga isi ulang = Rp 16.000
Harga isi ulang + galon = Rp 35.000
5.
Place
Distribusi Club berorientasi
nasional menggunakan jalur distribusi yang sangat luas, kuat di pasar
tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko) maupun di minimarket dan
supermarket.
6. Promotion
Target
pasar Club adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan
kepada kalangan menengah ke bawah dengan aktivitas yang dinamis. Club melakukan
kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media
cetak, dan media luar ruang.
ANALISIS PEST
●
Politik :
1.
Undang-undang perlindungan alam : adanya UU
perlindungan alam maka akan menjadikan
kendala
bagi Club karena air yang di produksi berasal dari alam
2.
Peraturan ekspor impor : apabila pemerintah
membuat peraturan ekspor impor yang terlalu
rumit
maka akan menjadikan kendala Club dalam mengekspor produknya
3.
Perubahan
UU perpatenan : dengan adanya perubahan UU perpatenan hak maka akan
menyulitkan Club untuk tetap menggunakan
merk tersebut.
●
Ekonomi :
1. Tingkat produktivitas
kerja
Apabila
produktivitas kerja menurun maka akan berdampak pada pendistribusian produk
yang akan menurun dan akan mengecewakan konsumen karena permintaan akan produk
tidak terpenuhi secara maksimal
2. Perbedaan pendapat
menurut kawasan dan kelompok konsumen
Apabila
pendapatan pada kelompok ekonomi menengah, dan ekonomi menengah ke atas sudah
pasti akan meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pelanggan. Tetapi apabila
pendapatan kelompok menengah ke bawah yang biasanya bermukim di pedesaan atau
pinggiran kota. Mereka hanya membeli air kemasan jika hendak bepergian, dan
untuk kesehariannya mereka cenderung memilih untuk memasak air sendiri. Dengan
demikian berpengaruh terhadap pendistirbusian produk Club meskipun tidak
terlalu besar.
3. Tarif Pajak
Jika
pemerintah menaikkan pajak maka biaya perusahaan juga akan meningkat, sehingga
bisa terjadi harga produk juga akan naik
●
Sosial :
1. Pendapatan per kapita
Semakin
tinggi pendapatan per kapita maka semakin meningkat permintaan pasar, dan akan
meningkatkan produksi
2. Kemacetan lalu lintas
Apabila tingkat kemacetan lalu lintas tinggi maka akan
meningkatkan produksi
3. Gaya Hidup
Apabila
masyarakat memilih gaya hidup sehat maka akan berpengaruh terhadap permintaan
produk dan konsumen akan beralih menjadi pelanggan
4. Lingkungan Dalam Kota
Apabila
lingkungan dengan cuaca yang panas akan berpengaruh terhadap peningkatan
permintaan, tetapi apabila lingkungan dengan cuaca yang dingin maka permintaan
akan menurun.
● Teknologi
:
1. Mesin produksi yang
canggih
2. Internet
Dengan
adanya teknologi seperti internet yang sudah kita rasakan seperti sekarang ini,
akan memberi banyak kemudahan untuk Club dalam memberikan informasi kepada
stakeholder. Juga memberi kemudahan untuk menguasai pasar di Indonesia atau
Negara-negara lain.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Analisis
strategi yang digunakan dalam makalah ini adalah analisis SWOT, AIDA, 4P, dan
PEST, dari analisis tersebut dapat dilihat gambaran kondisi perusahaan dan
posisi produk di pasar. Analisis ini membantu perusahaan untuk tetap tetap
bertahan sebagai market leader dalam industri air minum dalam
kemasan (AMDK).
Perusahaan
menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik demi memastikan jalannya
roda bisnis perusahaan secara bertanggung jawab mematuhi segala peraturan dan hukum
yang berlaku, serta memperhatikan keseimbangan aspek keberhasilan ekonomi dan kemajuan
sosial-lingkungan. Selain itu, penerapan tata kelola perusahaan yang menjadi bukti
perusahaan dalam menjaga kepercayaan investor yang pada akhirnya dapat meningkatkan
nilai tambah bagi mereka.
B. SARAN
Air
merupakan komponen terpenting dalam kehidupan makhluk hidup maka dari itu kita tidak
bisa hidup tanpa adanya air, dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan air untuk
memenuhi kebutuhan tubuh kita. Oleh karena itu, saya selaku penulis menyarankan
agar mengkonsumsi air minum yang sesuai dengan kita, dalam hal ini dari segi kecocokan,
harga, kualitas, dan lain-lain.
DAFTAR
PUSTAKA
http://wawancigul.blogspot.com/2015/12/analisismanajemen-strategik-pt.html
http://marketeers.com/le-minerale-penantang-garang-di-industri-amdk/
http://simmonica2012.blogspot.com/2012/10/analisis-swot.html
Dimohon kritik dan sarannya, agar blog selanjutnya bisa lebih baik. Terima kasih
BalasHapus