Analisis air mineral Aqua dengan kompetitor


MATA KULIAH MARKETING PUBLIC RELATION
PROJECT UAS “ANALISIS AIR MINERAL AQUA DENGAN KOMPETITOR (LE MINERALE & CLUB) ”

Dosen : Ratih Kurnia Hidayati  
uta-45-jakarta.png






                                                                                                                      
DISUSUN OLEH:

RAMAYANA
1635160011

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 JAKARTA

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Tujuan utama yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam kegiatan usahanya adalah mencapai laba atau nilai yang optimal dengan menggunakan sumberdaya secara efektif dan efisien untuk kelangsungan hidup perusahaan. Mengingat PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk merupakan perusahaan yang cukup besar, yaitu sebagai perusahaan yang mempelopori usaha air minum dalam kemasan di Indonesia sejak tahun 1973. Maka dari itu, pengelolaan modal kerja dalam perusahaan sangat memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga berkepentingan untuk menjaga profitabilitasnya dengan baik agar kondisi krisis yang dialami Indonesia tidak berimbas pada perusahaan sehingga perusahaan akan mampu memperoleh laba di dalam menjalankan usahanya.
B.   Rumusan masalah

1.      Bagaimana visi, misi, tujuan dan strategi Aqua ?
2.      Bagaimana analisis SWOT, AIDA, 4P, dan PEST Aqua?
3.      Bagaimana

C.   Tujuan penulisan
1.      Untuk mengetahui visi, misi, tujuan dan strategi Aqua
2.      Untuk mengetahui analisis SWOT, AIDA, 4P, dan PEST Aqua





BAB II
PEMBAHASAN

1.      AQUA
PT. AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia.
Hasil gambar untuk logo aqua pngPada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.





Visi :
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.

Misi :
AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).

Tujuan :
Tujuan merupakan pernyataan kualitatif mengenai keadaan atau hasil yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. Dalam hal ini kita semua mengetahui bahwa tujuan utama dari tiap perusahaan yang menjalanakan usahanya adalah profit. Dan demi mencapai tujuan tersebut, AQUA dari tahun ke tahun melakukan inovasi produk. Yang dapat dilihat dalam “Sejarah PT. Danone AQUA”.

Strategi :
Dalam era persaingan yang semakin ketat, setiap kali sebuah perusahaan harus mengevaluasi kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat bersaing. Seperti; Meningkatkan jangkauan pemasaran ke suluh Indonesia dan mancanegara, Mencari sumber-sumber air di wilayah Indosesia dan International, Melakukan  lisensi pada setiap produk, Menigkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap air minum dalam  kemasan, Memberikan layanan ke masyarakat sekitar sumber air, dan Meningkatkan  kontrol distribusi produk dan pasokan dari pihak ke tiga dan pemasok distributor.

ANALISIS SWOT

Kekuatan
 ̵       Kualitas sumber mata air selalu terjaga. Lokasi mata air AQUA senantiasa berada jauh dari pemukiman penduduk. Faktor ini penting dilakukan demi mencegah rembesan limbah pemukiman di sekitar sumber mata air.
   ̵         Kemurnian sumber air AQUA, dijaga dan dilindungi untuk mencegah rembesan air tanah atau air hujan.
̵            Di dukung oleh tehnologi tinggi dan berstandar internasional, serta memiliki staf peneliti yang ahli di bidang mikrobiologi kimia dan fisika.
̵             AQUA dapat kokoh berdiri karena budaya perusahaan adalah bersikap toleran, tidak memaksakan kehendak pusat, berbagi kekuasaan dengan eselon bawah dan mempraktikkan desentralisasi.
̵            Kesuksesan AQUA sangat ditunjang oleh para karyawannya yang mempunyai loyalitas dan dedikasi tinggi serta berpengetahuan luas dan mendalam, baik di bidang masing-masing maupun secara umum.
̵           Menjadi pelopor kemasan gelas plastik (cup) di dunia sehingga kini menjadi standar industri. AQUA pula yang mempelopori peralihan dari PVC ke PET. Dan AQUA pula yang mempelopori konsep fully integrated manufacturing yang memungkinkan produksi terpadu air minum dan botol kemasannya mulai dari tingkat biji plastic.
̵           Melakukan aliansi dengan Group DANONE yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Hal ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini.

Kelemahan
­ ̵         Adanya produk palsu di pasaran yang menggunakan label AQUA. Oleh karna itu AQUA berkomitmen untuk meminimalkan pemalsuan produknya dengan melakukan pengecekan pasar secara rutin, untuk memastikan bahwa produk yang beredar adalah benar-benar produk AQUA yang memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan.
̵            Harga produk AQUA sangat ditentukan oleh kebijakan harga yang digunakan oleh perusahaan AQUA yaitu kebijakan harga wholesaler. Antara lain yaitu geographical price quotation dan price adjusted to buyers position.
̵            Saluran ditribusi terlalu panjang. Dimana hasil produksi dari AQUA kemudian disalurkan ke distributor-distributor, kemudian aqua disalurkan ke retailer dan pada akhirnya sampai ke tangan konsumen.
̵           Perusahaan AQUA dalam penarikan karyawan masih menggunakan spoil system karena perusahaan pada awal berdiri merupakan perusahaan keluarga. Meskipun kini sudah menggunakan merit system dalam memberikan kesempatan kerja di lingkungan AQUA.



Kesempatan
̵           Dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk, diharapkan permintaan konsumen akan produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat meningkat. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan produksi penjualannya.
̵           Perkembangan teknologi yang sangat cepat mendorong kemajuan dunia bisnis. Perusahaan yang mempunyai keunggulan dalam hal teknologi tentunya dapat menunjang keadaan produksi yang dihasilkan, mulai dari efektifitas dan efisiensi proses produksi yang dapat dihasilkan.
̵            Hasil produksi AQUA ditujukan untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga golongan tua. Hal ni dapat dikatakan karena air dibutuhkan oleh semua manusia.
̵            AQUA memiliki penelitian yang aktif dan usaha pengembangan yang mencari bahan-bahan pengemasan dan cara-cara yang baru untuk menarik konsumen.
̵            AQUA menggunakan seluruh media untuk promosi iklannya. Seperti product knowledge melalui brosur sederhana. Dan pada even-even olahraga, bus, taxi, dan kendaraan umum lainnya, TV, radio, koran, dam majalaH.

Ancaman
̵             Di indonesia, situasi politik setiap tahunnya cukup dapat dikontrol oleh pemerintah, walaupun keadaan politik yang ada tidak begitu stabil. Kondisi politik yang terjadi akan mempengaruhi aktivitas perusahaan.
̵            Saat ini kondisi perekonomian indonesia masih belum stabil. Hal ini dikarenakan karena laju inflasi yang cukup tinggi dan berfluktuasi.
̵           AQUA memiliki banyak pesaing. Bahwa saat ini ada begitu banyak perusahaan sejenis yang memproduksi air minum dalam kemasan (AMDK) dengan harga dan kualitas yang dihasilkan bervariasi. Dengan keadaan ini, perusahaan dituntut untuk dapat terus memiliki keunggulan bersaing, sehingga perusahaan akan tetap hidup dan bersaing secara sehat.
̵           Dalam pengolahan sumber air oleh AQUA sangat dipengaruhi oleh kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Hal ini sangat berpengaruh bagi dunia usaha seperti yang dilakukan oleh AQUA. Air adalah salah satu sumber daya alam yang dalam pengolahannya mendapatkan ikut campur tangan pemerintah. Oelh karena itu, kapasitas produksi per detik yang dilakukan oleh kegiatan produksi AMDK harus dalam pengawasan pemerintah. Perusahaan AMDK tidak boleh mengeksploitasi air sesuka hatinya.

ANALISIS AIDA
Attention
Aqua menaruh perhatian produknya melalui berbagai macam media, seperti TV,     Baliho, Reklame, dll. Selain itu Aqua juga sudah terdistribusi bahkan seluruh Indonesia sehingga kita bisa menemukan produk Aqua dimana-mana, baik itu di pedagang kaki lima, minimarket, supermarket, dan berbagai tempat lainnya.
Interest
            Dengan terdistribusinya produk Aqua dimana-mana membuat masyarakat tidak asing dengan produk aqua sehingga menarik minat masyarakat untuk membeli produk aqua
Desire
            Dengan tidak asingnya produk aqua bagi masyarakat membuat munculnya keinginan dan hasrat masyarakat untuk membeli produk aqua
Action
             Produk aqua yang sudah hadir sejak tahun 1973 membuat image brand aqua sudah terbentuk di benak masyarakat sehingga membuat masyarakat tidak berpikir panjang untuk membeli produk aqua

ANALISIS 4P
1.      Product
Hasil gambar untuk ukuran aquaAqua yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan air mineral dalam kemasan yang dikemas dalam beberapa ukuran. Mulai dari ukuran 240 ml, 330 ml, 380 ml, 600 ml, 1500 ml, dan 19 liter (galon).




2.      Price

Harga aqua 240 ml 1 dus isi 48 pcs
Harga per dus = Rp 22.000
Harga per pcs aqua 240 ml = Rp 500

Harga aqua 330 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 29.500
Harga per pcs = Rp 1.300

Harga aqua 600 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 40.000
Harga per pcs = Rp 1.900

Harga aqua 750 ml 1 dus isi 18
Harga per dus = Rp 68.000
Harga per pcs =  Rp 3.500

Harga Aqua reflection 380 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 128.500
Harga per pcs = Rp 10.800

Harga aqua galon 19 LITER
Harga isi ulang = Rp 15.000
Harga isi ulang + galon = Rp 55.000 

3.      Place
Distribusi Aqua berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko) maupun di minimarket dan supermarket. Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada penjual, disitu ada Aqua”.



4.      Promotion
Target pasar Aqua adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivitas yang dinamis. Aqua melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Aqua juga mengadakan sampling road show di beberapa kota besar pada pusat keramaian dan memasuki sekolah dengan membuat iklan dan pembuatan logo Aqua pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar.

ANALISIS PEST
● Politik :

1.            Undang-undang perlindungan alam : adanya UU perlindungan alam maka akan menjadikan  
kendala bagi Aqua karena air yang di produksi berasal dari alam
2.            Peraturan ekspor impor : apabila pemerintah membuat peraturan ekspor impor yang terlalu
rumit maka akan menjadikan kendala Aqua dalam mengekspor produknya
3.      Peraturan khusus daerah pusat
4.      Perubahan UU perpatenan : dengan adanya perubahan UU perpatenan hak maka akan
    menyulitkan Aqua untuk tetap menggunakan merk tersebut.

● Ekonomi :
1.      Tingkat produktivitas kerja
Apabila produktivitas kerja menurun maka akan berdampak pada pendistribusian produk yang akan menurun dan akan mengecewakan konsumen karena permintaan akan produk tidak terpenuhi secara maksimal
2.      Perbedaan pendapat menurut kawasan dan kelompok konsumen
Apabila pendapatan pada kelompok ekonomi menengah, dan ekonomi menengah ke atas sudah pasti akan meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pelanggan. Tetapi apabila pendapatan kelompok menengah ke bawah yang biasanya bermukim di pedesaan atau pinggiran kota. Mereka hanya membeli air kemasan jika hendak bepergian, dan untuk kesehariannya mereka cenderung memilih untuk memasak air sendiri. Dengan demikian berpengaruh terhadap pendistirbusian produk Aqua meskipun tidak terlalu besar.

3.      Tarif Pajak
Jika pemerintah menaikkan pajak maka biaya perusahaan juga akan meningkat, sehingga bisa terjadi harga produk juga akan naik

Sosial :
1.      Pendapatan per kapita
Semakin tinggi pendapatan per kapita maka semakin meningkat permintaan pasar, dan akan meningkatkan produksi
2.      Kemacetan lalu lintas
Apabila tingkat kemacetan lalu lintas tinggi maka akan meningkatkan produksi
3.      Gaya Hidup
Apabila masyarakat memilih gaya hidup sehat maka akan berpengaruh terhadap permintaan produk dan konsumen akan beralih menjadi pelanggan
4.      Lingkungan Dalam Kota
Apabila lingkungan dengan cuaca yang panas akan berpengaruh terhadap peningkatan permintaan, tetapi apabila lingkungan dengan cuaca yang dingin maka permintaan akan menurun.

●  Teknologi :
1.      Mesin produksi yang canggih
2.      Internet
Dengan adanya teknologi seperti internet yang sudah kita rasakan seperti sekarang ini, akan memberi banyak kemudahan untuk Aqua dalam memberikan informasi kepada stakeholder. Juga memberi kemudahan untuk menguasai pasar di Indonesia atau Negara-negara lain.








2.LE MINERALE

Le Minerale adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya yang merupakan anak perusahaan dari Mayora Indah yang bergerak di bidang beverages. Selain Le Minerale perusahaan ini juga memproduksi Teh Pucuk Harum, Kopiko 78 dan Q Guava.
Le Minerale hadir melayani kebutuhan konsumen Indonesia sejak tahun 2015. Pabrik Le Minerale sendiri telah dibangun di beberapa daerah di Indonesia. Beberapa pabrik antara lain lima pabrik yang sudah berdiri yakni di Ciawi, Sukabumi, Pasuruan, Medan, dan Makassar. Serta dua pabrik baru dibangun di Cianjur dan Palembang pada akhir 2016.
Hasil gambar untuk logo le minerale png
 







Tak perlu waktu lama bagi Le Minerale, merek air minuman dalam kemasan (AMDK) besutan Mayora Group untuk bisa mengambil posisi runner-up di pasar air minum. Bahkan, ia berani memasang target untuk mengambil alih posisi puncak yang sudah dibekap sang market leader selama puluhan tahun.

Persaingan di industri AMDK kian semarak. Ini menandakan bahwa industri ini memberikan prospek cerah. Pertumbuhan jumlah penduduk, meningkatnya masyarakat kelas menengah, serta semakin sulitnya akses air bersih adalah beberapa faktor yang membuat pasar industri air minum dalam kemasan (AMDK) mengalami peningkatan.
Pertumbuhan industri ini juga terbilang paling stabil. Pada tahun 2012, pertumbuhan industri AMDK mencapai 5,03%, tahun 2013 tumbuh 7,98%, dan tahun selanjutnya meningkat 13,79%. Pada tahun 2015, pertumbuhan terus terjadi meski tidak sebesar tahun lalu, yakni 3,9%. Bahrun Afriansyah, Marketing Manager PT Tirta Frestindo Jaya, produsen Le Minerale mengatakan saat ini Le Minerale berhasil menduduki posisi kedua perolehan market share secara value maupun volume untuk kategori AMDK ukuran 600 ml.
Berdasarkan laporan Nielsen, Le Minerale berhasil meraih pertumbuhan volume sebesar 252,5% dan valuesebesar 283,4%%. Torehan tersebut menjadikan Le Minerale didaulat sebagai merek AMDK dengan pertumbuhan tertinggi sepanjang tahun 2016. Padahal, hingga kuartal pertama 2017, pertumbuhan industri AMDK hanya sebesar 5%.
“Kami bisa katakan bahwa kamilah yang merangsang pertumbuhan market AMDK, sehingga pertumbuhannya sempat double digit pada awal-awal kami masuk di kategori ini,” aku Bahrun. Dia menjelaskan bahwa kunci keberhasilan mereknya terletak pada dua hal. Pertama, menjadi top of mind di kategori AMDK. Kedua, meningkatkan availability atau ketersediaan produk di pasar.

Sebagai merek yang relatif baru, Le Minerale gencar melakukan serangkaian promosi di sejumlah media, baik televisi maupun online demi meningkatkan awareness. Kalimat dalam iklan yang berbunyi “Rasanya ada manis-manisnya!” mungkin cukup sukses menuai rasa penasaran konsumen untuk mencoba meneguk air minum tersebut. “Insight itu didapat dari hasil penelitian bahwa setiap air minum memiliki kandungan zat hara yang memengaruhi rasa. Le Minerale ternyata memiliki susunan mineral bi-karbonat yang memberikan rasa manis saat diminum,” jelas Bahrun.

Sesuai namanya, positioning Le Minerale terletak pada kandungan mineral alami. Kandungan itu tercantum dalam badan botol dan diyakini sebagai pembeda antara Le Minerale dengan merek lain. “Memang ketika blind-test, konsumen sulit untuk membedakan perbedaaan rasa pada setiap AMDK. Karena kita selalu berpikir air adalah sama,” ujar Bahrun. Karena itu, selama tiga tahun terakhir, arah komunikasi Le Minerale fokus pada edukasi konsumen tentang air dengan mineral alami. “Bahwa tidak semua air kemasan adalah sama. Itu yang ingin kami terus komunikasikan,” timpal dia.

Dengan positioning tersebut, Le Minerale menyasar segmen menengah atas yang dinilai memiliki kepedulian terhadap kualitas AMDK yang mereka minum. Karena itu, strategi pricing Le Minerale cukup premium di kelasnya, berkisar Rp 3.500 untuk ukuran 600 ml. Harga eceran ini tidak lebih murah dari harga yang dibanderol Aqua.
Di sisi lain, ketersediaan produk di pasar juga menjadi fokus Le Minerale. Namun, untuk urusan ini, Le Minerale tak perlu effort banyak karena ia beruntung dapat bernaung di bawah payung besar PT Mayora Indah Tbk yang telah membangun jaringan distribusinya hingga ke pelosok nusantara. Saat ini, Le Minerale telah memiliki lima pabrik, antara lain di pasuruan, Jawa Timur; Sukabumi, Jawa Barat; Palembang Sumatera Selatan, dan Makassar Sulawesi Selatan. Kapasitas seluruh total pabriknya mencapai 5 juta karton per bulan. Bahrun menambahkan, selain memperkuat brand equity, pihaknya juga mulai melengkapi varian Le Minerale demi meningkatkan permintaan. Selain ukuran 600 ml, minuman ini telah hadir dalam kemasan 330 ml dan ukuran 1.500 ml. Nah, untuk ukuran galon dan gelas, Le Minerale masih belum mau masuk ke ranah tersebut. “Sebab, market size terbesar AMDK ada di ukuran 600 ml atau menguasai 25%,” kata Bahrun.

ANALISIS SWOT
Kekuatan
̵  Produk ini baru tetapi sudah memasuki pangsa pasar dan mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia.
̵ Produk ini memiliki harga yang relative murah, bahkan lebih murah daru beberapa produk yang serupa
̵ Memiliki rasa enak dan kemasan yang bagus sehingga memikat pelanggan dengan cepat.
Kelemahan
̵ Banyaknya produk lain yang ada di bidang yang sama dan telah lebih lama mengeluarkan produknya.
̵ Adanya minuman yang lebih murah di bandingkan Le minerale.
̵ Kemasan yang hanya dalam satu ukuran kadang menjadi pertimbangan bagi konsumen apabila konsumen menginginkan kemasan yang lebih kecil
Kesempatan
̵ Produk Le minerale bisa membuat kemasan dalam bentuk cup ataupun ukuran yang lebih kecil.
̵ Le minerale juga bisa memasarkan produknya dengan membuat stand-stand di supermarket ataupun di pasar dan tempat lainnya.
̵ Menampilkan iklan sehingga produk tersebut lebih dikenal masyarakat secara menyeluruh.
Ancaman
̵ Pesaing yang memiliki nama yang lebih dulu dan dikenal oleh masyarakat.
̵ Banyaknya pesaing baru yang nantinya akan meluncurkan produkya lebih bagus dan baik dalam segi isi maupun bentuknya.

ANALISIS AIDA
Attention
Le minerale menaruh perhatian produknya melalui berbagai macam media, seperti TV,     Baliho, Reklame, dll. Selain itu Le minerale juga sudah terdistribusi di beberapa kota-kota besar sehingga sangat mudah ditemukan konsumen baik itu di pedagang kaki lima, minimarket, supermarket, dan berbagai tempat lainnya.
Interest
            Dengan terdistribusinya produk Le minerale di beberapa kota-kota besar membuat masyarakat tidak asing dengan produk Le minerale sehingga menarik minat masyarakat untuk membeli produk Le minerale
Desire
            Dengan tidak asingnya produk Le minerale bagi masyarakat membuat munculnya keinginan dan hasrat masyarakat untuk membeli produk Le minerale
Action
             Produk Le minerale yang hadir dengan membuat image brand yang baru yaitu air mineral yang ada manis-manisnya membuat masyarakat penasaran dan tidak berpikir panjang untuk membeli produk Le minerale

ANALISIS 4P
1.      Product
Le minerale yang diproduksi oleh PT. Mayora Tbk, merupakan air mineral dalam kemasan yang dikemas dalam beberapa ukuran. Mulai dari ukuran 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml
 






2.      Price

Harga Le minerale 330 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 33.000
Harga per pcs = Rp 1.375

Harga Le minerale 600 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 35.000
Harga per pcs = Rp 1.458

Harga Le minerale 1150 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 45.000
Harga per pcs = Rp 1.875

3.      Place
Distribusi Le minerale berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko) maupun di minimarket dan supermarket.


4.      Promotion
Target pasar Le minerale adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan menengah ke atas dengan aktivitas yang dinamis. Le minerale melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang.

ANALISIS PEST
● Politik :

1.        Undang-undang perlindungan alam : adanya UU perlindungan alam maka akan menjadikan 
kendala bagi Le minerale karena air yang di produksi berasal dari alam
2.         Peraturan ekspor impor : apabila pemerintah membuat peraturan ekspor impor yang terlalu
rumit maka akan menjadikan kendala Le minerale dalam mengekspor produknya
3.         Perubahan UU perpatenan : dengan adanya perubahan UU perpatenan hak maka akan
    menyulitkan Le minerale untuk tetap menggunakan merk tersebut.

● Ekonomi :
1.      Tingkat produktivitas kerja
Apabila produktivitas kerja menurun maka akan berdampak pada pendistribusian produk yang akan menurun dan akan mengecewakan konsumen karena permintaan akan produk tidak terpenuhi secara maksimal
2.      Perbedaan pendapat menurut kawasan dan kelompok konsumen
Apabila pendapatan pada kelompok ekonomi menengah, dan ekonomi menengah ke atas sudah pasti akan meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pelanggan. Tetapi apabila pendapatan kelompok menengah ke bawah yang biasanya bermukim di pedesaan atau pinggiran kota. Mereka hanya membeli air kemasan jika hendak bepergian, dan untuk kesehariannya mereka cenderung memilih untuk memasak air sendiri. Dengan demikian berpengaruh terhadap pendistirbusian produk Le minerale meskipun tidak terlalu besar.

3.      Tarif Pajak
Jika pemerintah menaikkan pajak maka biaya perusahaan juga akan meningkat, sehingga bisa terjadi harga produk juga akan naik

Sosial :
1.      Pendapatan per kapita
Semakin tinggi pendapatan per kapita maka semakin meningkat permintaan pasar, dan akan meningkatkan produksi
2.      Kemacetan lalu lintas
Apabila tingkat kemacetan lalu lintas tinggi maka akan meningkatkan produksi
3.      Gaya Hidup
Apabila masyarakat memilih gaya hidup sehat maka akan berpengaruh terhadap permintaan produk dan konsumen akan beralih menjadi pelanggan
4.      Lingkungan Dalam Kota
Apabila lingkungan dengan cuaca yang panas akan berpengaruh terhadap peningkatan permintaan, tetapi apabila lingkungan dengan cuaca yang dingin maka permintaan akan menurun.

●  Teknologi :
1.      Mesin produksi yang canggih
2.      Internet
Dengan adanya teknologi seperti internet yang sudah kita rasakan seperti sekarang ini, akan memberi banyak kemudahan untuk Le minerale dalam memberikan informasi kepada stakeholder. Juga memberi kemudahan untuk menguasai pasar di Indonesia atau Negara-negara lain.











3.CLUB

Club adalah merek air minum dalam kemasan atau air mineral di Indonesia. Merek ini berasal dari Surabaya dan PandaanPasuruanJawa Timur. Club diproduksi oleh PT Tirta Sukses Perkasa (dahulu PT Tirta Bahagia) sejak tahun 1986. Pada bulan November 2013, merek Club diakuisisi oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
PT Tirta Sukses Perkasa merupakan anak perusahaan dari PT Indofood Asahi Sukses Beverage, yang juga mendistribusikan Pepsi7 UpMirinda, Tropicana Twister, Ichi Ocha dan Caféla Latte. Pada awalnya nama perusahaannya adalah PT Tirta Bahagia yang didirikan pada tahun 1986 dan memproduksi air mineral dengan merek Club, Viand, Ana dan Chiara. Akibat dari akuisisi oleh Indofood, nama perusahaannya pun berubah. Pada tahun 2014, nama perusahaannya berganti nama menjadi PT Tirta Sukses Perkasa.
Hasil gambar untuk logo air club png
 









ANALISIS SWOT
● Kekuatan
 ̵   Harganya dapat dijangkau oleh pasar
 ̵   Kemasannya terdiri dari berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar 
 ̵   Club dapat dijumpai di toko – toko atau supermarket dengan mudah.

● Kelemahan
 ̵   Adanya banyak perusahaan yang bergerak di sektor yang sama yakni air mineral.
 ̵   Kemasannya hampir sama dengan merk lain.


● Kesempatan
 ̵   Adanya peluang untuk masuk ke pasar internasional karena perkembangan yang terus maju.
 ̵ Adanya kemempuan unuk bersaing dengan merek lain karena kualitas yang semakin meningkat.

Ancaman
 ̵  Adanya persainan harga yang riskan antara satu produk air mineral dengan produk mineral lainnya.
 ̵  Biaya iklan yang tidak murah karena perlu iklan yang menarik minat konsumen terhadap produk.
 ̵    Sewaktu – waktu harga bahan baku dapat naik dan meyebabkan naiknya biaya produksi.

ANALISIS AIDA
Attention
Club menaruh perhatian produknya melalui berbagai macam media, seperti TV,     Baliho, Reklame, dll. Selain itu Club juga sudah terdistribusi di beberapa kota-kota besar sehingga sangat mudah ditemukan konsumen baik itu di pedagang kaki lima, minimarket, supermarket, dan berbagai tempat lainnya.
Interest
            Dengan terdistribusinya produk Club di beberapa kota-kota besar membuat masyarakat tidak asing dengan produk Club sehingga menarik minat masyarakat untuk membeli produk Club
Desire
            Dengan tidak asingnya produk Club bagi masyarakat membuat munculnya keinginan dan hasrat masyarakat untuk membeli produk Club
Action
             Produk Le minerale yang memiliki harga yang sangat terjangkau membuat masyarakat tidak berpikir panjang untuk membeli produk Club

ANALISIS 4P
1.      Product
Club yang diproduksi oleh PT Tirta Sukses Perkasa  merupakan air mineral dalam kemasan yang dikemas dalam beberapa ukuran. Mulai dari ukuran 330 ml, 600 ml, dan 1500 ml
Hasil gambar untuk kemasan air club
 






2.      Price

Harga Club 240 ml 1 dus isi 48 pcs
Harga per dus = Rp 20.000
Harga per pcs aqua 240 ml = Rp 450

Harga Club 330 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 31.500
Harga per pcs = Rp 1.300

Harga Club 600 ml 1 dus isi 24 pcs
Harga per dus = Rp 70.000
Harga per pcs = Rp 2.900

Harga Club 1150 ml 1 dus isi 12
Harga per dus = Rp 55.000
Harga per pcs =  Rp 4.600



Harga Club galon 19 LITER
Harga isi ulang = Rp 16.000
Harga isi ulang + galon = Rp 35.000 

5.      Place
Distribusi Club berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko) maupun di minimarket dan supermarket.

6.      Promotion
Target pasar Club adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan menengah ke bawah dengan aktivitas yang dinamis. Club melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang.

ANALISIS PEST
● Politik :

1.        Undang-undang perlindungan alam : adanya UU perlindungan alam maka akan menjadikan 
kendala bagi Club karena air yang di produksi berasal dari alam
2.         Peraturan ekspor impor : apabila pemerintah membuat peraturan ekspor impor yang terlalu
rumit maka akan menjadikan kendala Club dalam mengekspor produknya
3.         Perubahan UU perpatenan : dengan adanya perubahan UU perpatenan hak maka akan
    menyulitkan Club untuk tetap menggunakan merk tersebut.

● Ekonomi :
1.      Tingkat produktivitas kerja
Apabila produktivitas kerja menurun maka akan berdampak pada pendistribusian produk yang akan menurun dan akan mengecewakan konsumen karena permintaan akan produk tidak terpenuhi secara maksimal
2.      Perbedaan pendapat menurut kawasan dan kelompok konsumen
Apabila pendapatan pada kelompok ekonomi menengah, dan ekonomi menengah ke atas sudah pasti akan meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan pelanggan. Tetapi apabila pendapatan kelompok menengah ke bawah yang biasanya bermukim di pedesaan atau pinggiran kota. Mereka hanya membeli air kemasan jika hendak bepergian, dan untuk kesehariannya mereka cenderung memilih untuk memasak air sendiri. Dengan demikian berpengaruh terhadap pendistirbusian produk Club meskipun tidak terlalu besar.

3.      Tarif Pajak
Jika pemerintah menaikkan pajak maka biaya perusahaan juga akan meningkat, sehingga bisa terjadi harga produk juga akan naik

Sosial :
1.      Pendapatan per kapita
Semakin tinggi pendapatan per kapita maka semakin meningkat permintaan pasar, dan akan meningkatkan produksi
2.      Kemacetan lalu lintas
Apabila tingkat kemacetan lalu lintas tinggi maka akan meningkatkan produksi
3.      Gaya Hidup
Apabila masyarakat memilih gaya hidup sehat maka akan berpengaruh terhadap permintaan produk dan konsumen akan beralih menjadi pelanggan
4.      Lingkungan Dalam Kota
Apabila lingkungan dengan cuaca yang panas akan berpengaruh terhadap peningkatan permintaan, tetapi apabila lingkungan dengan cuaca yang dingin maka permintaan akan menurun.

●  Teknologi :
1.      Mesin produksi yang canggih
2.      Internet
Dengan adanya teknologi seperti internet yang sudah kita rasakan seperti sekarang ini, akan memberi banyak kemudahan untuk Club dalam memberikan informasi kepada stakeholder. Juga memberi kemudahan untuk menguasai pasar di Indonesia atau Negara-negara lain.



BAB III
PENUTUP


A.   Kesimpulan

Analisis strategi yang digunakan dalam makalah ini adalah analisis SWOT, AIDA, 4P, dan PEST, dari analisis tersebut dapat dilihat gambaran kondisi perusahaan dan posisi produk di pasar. Analisis ini membantu perusahaan untuk tetap tetap bertahan sebagai market leader dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK). 

Perusahaan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik demi memastikan jalannya roda bisnis perusahaan secara bertanggung jawab mematuhi segala peraturan dan hukum yang berlaku, serta memperhatikan keseimbangan aspek keberhasilan ekonomi dan kemajuan sosial-lingkungan. Selain itu, penerapan tata kelola perusahaan yang menjadi bukti perusahaan dalam menjaga kepercayaan investor yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai tambah bagi mereka.

B.   SARAN
Air merupakan komponen terpenting dalam kehidupan makhluk hidup maka dari itu kita tidak bisa hidup tanpa adanya air, dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan air untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Oleh karena itu, saya selaku penulis menyarankan agar mengkonsumsi air minum yang sesuai dengan kita, dalam hal ini dari segi kecocokan, harga, kualitas, dan lain-lain.






DAFTAR PUSTAKA



http://wawancigul.blogspot.com/2015/12/analisismanajemen-strategik-pt.html
http://marketeers.com/le-minerale-penantang-garang-di-industri-amdk/
http://simmonica2012.blogspot.com/2012/10/analisis-swot.html

Komentar

  1. Dimohon kritik dan sarannya, agar blog selanjutnya bisa lebih baik. Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar